Watak ialah karakter bawaan dari lahir, semacam sifat yang turun dari gen ayah dan ibu ke anaknya. Perilaku ialah tingkah laku yang diatur.

Perilaku diatur atau terbentuk dari lingkungan (internal dan eksternal), tempat dimana kita melakukan suatu kegiatan dengan pola tertentu.

perbedaan antara watak & perilaku adalah bahwa watak itu dominan, & perilaku itu bisa dirubah. Masa depan ialah dari perilaku

watak dapat menentukan perilaku seseorang, tapi perilakulah yang menentukan pengembangan diri seseorang, bukan watak.

Contoh perilaku satu orang di tempat yang berbeda: seperti cara berpakaian antara mesjid & diskotik. Seperti cara makan di warteg & istana.

Karakter atau jati diri seseorang bukan dinilai dari wataknya, melainkan kemapanan perilakunya; dalam arti ia dapat berperilaku baik & benar

sifat adalah bagian dari watak dan perilaku. Khususnya terbagi dua; yang baik dan yang buruk.

Seperti yang kita ketahui, perilaku itu ada yang baik dan yang buruk. Seperti suatu perlakuan, ada yang benar dan yang salah.

Aku beri tahu suatu rahasia, yg mana rahasia itu adalah bahwa setiap satu manusia, mempunyai 5 perilaku buruk yg menempel di tulang ekornya.

Apa saja 5 perilaku buruk itu? Dapatkah kita menghilangkannya? | kita tidak dapat menghilangkannya, namun kita dapat mengurangi kadarnya.

5 perilaku buruk setiap manusia akan saya umpamakan dengan hewan, dan secara sadar atau tidak tiap manusia pasti memilikinya.

5 perilaku negatif yang menempel pada tulang ekor tiap manusia adalah; ANJING, TIKUS, MONYET, BABI, BURUNG MERAK. Definisinya?

ANJING; mencerminkan keEGOISan manusia. Lihat pabila anjing sedang makan, dia hanya mementingkan diri sendiri, anaknya pun tidak dihiraukan.

TIKUS; melambangkan orang yang sering memFITNAH dan tidak jujur pada diri sendiri dan sering menggerogoti hak orang lain (korupsi).

MONYET; manusia yang seperti monyet ini suka mengolok-olok orang lain. Senang lihat orang susah, susah lihat orang senang.

BABI; manusia seperti ini serba merasa kekurangan, RAKUS. Dia kurang bersyukur & malas untuk mendapatkan apa yang ia inginkan, ingin instan.

BURUNG MERAK; mencerminkan keSOMBONGan, ia selalu pamer & tampil gagah bila sedang dilihat; giat bekerja bila ada atasan yg mengawasinya.

Itulah 5 perilaku manusia yang negatif, kita semua memilikinya. Kita tidak dapat menghilangkannya, namun kita bisa mengurangi kadarnya.

Bagaimana cara kita mengurangi kadarnya? | pertama, kita mesti tahu perilaku negatif mana yang dominan kita sering lakukan, lalu kurangilah.

Saya ingatkan kembali definisi perilaku. Perilaku adalah, persamaan sifat & tingkah laku dari beberapa org yg berwatak beda dlm suatu sistem.