Semalam aku bermimpi, tapi terasa sangat nyata. Bertemu dan berbincang dengan orang yang sudah wafat. di mimpi itu aku tahu bahwa aku sedang bermimpi dan semua orang yang berada di dalam mimpi itu tahu bahwa mereka sedang masuk kedalam mimpiku.

Tapi yang pasti mimpinya mengharukan, begini isi perbincangan 3 orang.

aku: sudah lama ya kita tidak bertemu, terakhir sewaktu aku masih duduk di kelas 5 SD dan tidak lama dari situ kamu wafat.

dia: ia

aku: lihat wajahmu, tidak berubah sama sekali, malahan bisa dikatakan sekarang aku tampak lebih tua daripadamu.

dia: *senyum*

temanku: den, cepetan ngobrolnya sudahkan ayo kita pulang, hampir waktu subuh nih sebentar lagi kita akan terbangun.

aku kepada temanku: ia sabar.

aku kepada dia: wajar saja sebelum tidur aku merasakan kehadiran seseorang di ruanganku, ternyata bertemu denganmu di mimpi. Aku sungguh rindu, namun aku pun belum mengunjungi makammu, dan aku tidak tahu dimana. Semua orang menutupinya dariku.

dia: *tersenyum pucat*

*dari posisi duduk lalu kita bertiga berdiri hendak pulang dan akhirnya aku terbangun dari tidur*

Sewaktu bangun tidur seakan aku menangis, tapi tidak meneteskan airmata.